Sunday 7 December 2014

Peran IT Manager Terkait Lisensi Suatu Product



Peran IT Manager Terkait Lisensi Suatu Product

Sebuah perusahaan pasti membutuhkan peran seorang IT Manager untuk membuat keputusan dalam hal yang membutuhkan data, fasilitas, aplikasi suatu perusahaan. Sehingga seorang IT Manager bisa memutuskan mana yang harus dijlankan, dan mana yang harus ditinggalkan. Hal ini bertujuan agar seorang IT Manager tidak melanggar etika profesi sebagai seorang IT Manager.

Ada sebuah kasus yang berkaitan dengan hal tersebut. Yaitu :

Bagaimana peran IT Manager menginstall suatu product asli yang ada lisensi nya ke 50 PC, sedangkan lisensi yang ada hanya 20 pc ?

Jika terdapat kasus seperti diatas, maka seorang IT manager harus berfikir bagaimana ia harus bisa menjalankan tugasnya, tetapi tidak melanggar etika profesi sebagai IT manager.

Menurut saya, seorang IT Manager lebih baik membeli product yang ada lisensi itu lagi. Sehingga dapat di install di semua PC. Mengapa harus beli lagi, karena jika kita melanggar atau menginstall di PC lainnya tanpa ada lisensi, pada saat ada tim auditor yang sedang audit perusahaan kita, seorang IT Manager dapat dikenakan sanksi, sehingga buruk lah citra seorang IT Manager tersebut. Dan ranking perusahaan juga akan menjadi jelek.

Jadi, seorang IT manager harus megetahui hasil apa yang akan didapat sebelum menjalankan apa yang disuruh oleh perusahaan.

No comments:

Post a Comment